Sunday, February 22, 2015

Persiapan Dasar Sebelum Trading Saham Online

Trading Saham Online-Jika kita membaca dari kisah-kisah sukses para trader,tentunya kita akan tergiur dan ingin segera menyusul kesuksesan mereka dalam bermain saham.Tidak dipungkiri banyak orang yang tertarik dengan hasil yang bisa didapatkan dari bisnis trading saham,khususnya trading saham online.Akan tetapi,mereka hanya berfokus pada hasil akhir sementara mereka tidak tahu bagaimana perjuangan para trader agar bisa profit,bagaimana sejarah para trader dalam bermain saham.Sehingga yang mereka lihat hanya luarnya saja,hanya kesenangnanya saja,tanpa tahu bagaimana suka dan dukanya para trader tersebut mengawali karirnya.
Trading Saham Online

Tulisan ini sengaja saya buat untuk para calon trader yang hendak terjun dalam bisnis trading saham online agar mereka memiliki cukup bekal dasar untuk membangun fondasi dalam bermain saham online.Tidak lain dan tidak bukan,tujuan dari tulisan ini ialah agar para calon trader tersebut tidak tersesat ditengah perjalanan selama mereka berbisnis saham secara online.Baiklah tidak perlu berlama-lama,mari kita simak persiapan dasar sebelum trading saham secara online.

1.Harus Meluangkan Waktu Untuk Terusa Belajar Trading

Trader-trader kelas kakap dunia,tentu mengawali karir mereka dengan belajar terlebih dahulu,mereka meraih kesuksesan karena giat serta tekun belajar,mengamati segala perkembangan dunia trading serta berbagai tool-tool penunjang trading lainnya wajib Anda pelajari sebelum Anda terjun dalam bisnis trading saham online.Memahami serta mengerti cara kerjanya,dinamika yang terjadi di pasar saham dan lain sebagainya wajib Anda ketahui sebelum Anda terjun dalam dunia trading.Karena bisnis trading ini sangat profit sekali bila Anda memahami segala seluk beluknya sekaligus beresiko besar jika Anda tidak cukup ilmunya.

2.Manajemen Waktu

Menentukan waktu kapan saatnya trading serta berapa lama Anda trading dilayar monitor dalam seharinya akan menentukan hasilnya dikemudian hari.Bagi seorang trader pemula,sangat disarankan untuk mencurahkan banyak waktunya dalam bermain trading ini,minimal 7 jam setiap hari Anda harus rela meluangkan waktu duduk didepan layar monitor.Karena semakin sempit rentang waktu yang digunakan, maka fluktuasi saham dan resikonya akan semakin besar.

3. Memilih strategi trading 

Ada banyak pilihan strategi trading, mulai dari scalper, day trading, swing trading, dan position trading. Kalau Anda mampu menjadi trader saham agresif, Anda bisa memilih sebagai scalper, yang menggunakan time frame trading dalam beberapa menit hingga 5 menit-an. Day trading menggunakan time frame per 15 menit hingga 1 jam. Untuk trader pemula, sebaiknya pilih strategi trading yang lebih pasif. Anda bisa memilih sebagai swing trader ataupun menjadi position trader. Yang menggunakan time frame harian, mingguan hingga beberapa bulan ke depan dan cenderung lebih pasif ketimbang scalper dan day trader. Mengingat, semakin aktif seseorang dalam trading maka semakin banyak energi dan konsentrasi yang digunakan dan semakin besar pula resiko yang harus dihadapi.

4. Memilih broker

Selanjutnya adalah memilih perusahaan broker terbaik yang akan membantu dan memfasilitasi Anda dalam melakukan trading di pasar saham. Anda akan dibantu untuk membuat rekening trading hingga diberikan pengetahuan dasar tentang trading itu sendiri. Anda manfaatkan fasilitas yang diberikan, misalnya menggunakan demo account yang disediakan, sebelum memutuskan menggunakan uang sungguhan untuk trading saham.

5. Mengetahui tool yang akan digunakan

Ini berkaitan dengan apa saja yang Anda butuhkan untuk melakukan analisis atau sebagai rujukan sebelum Anda trading. Anda tanyakan ke broker apakah ada program chart, software yang bisa membantu mengatur portofolio Anda, software analisis, dan lain sebagainya. Broker yang baik pastinya akan menyediakan perangkat-perangkat ini secara gratis. Dan mereka akan menjelaskan fungsi serta kegunaan dari masing-masing perangkat tersebut kepada Anda.

6. Memilih tool yang terbaik

Setelah Anda memilih dari sekian banyak perangkat yang bisa digunakan, tentukan mana yang terbaik yang nantinya akan mempermudah Anda dalam trading. 

7. Melakukan deposit

Anda lakukan deposit atau pengisian rekening trading Anda setelah langkah-langkah yang telah dijabarkan sebelumnya sudah dipersiapkan dengan matang. Gunakan uang dingin Anda untuk trading saham. Jangan sekali-kali menggunakan uang yang seharusnya untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari sebagai modal trading. Apalagi sampai memutuskan untuk berhutang.

8. Membiasakan diri dengan sistem trading broker

Kesalahan dalam menentukan transaksi akan membuang waktu dan modal. Untuk itu pelajari juga bagaimana cara melakukan transaksi dan melakukan pembelian serta bagaimana cara kerja trading platform yang disediakan broker saham. Jangan sampai karena Anda tidak tahu cara order dan menggunakan trading platform, Anda akan pusing sendiri. Lebih baik tanyakan semuanya kepada broker yang dipilih.

9. Memilih Metode Pencatatan Trading

Setiap kali Anda melakukan pembelian, setiap kali Anda bertransaksi, catat dengan menggunakan metode yang mudah untuk dilakukan dan dipahami. Ini bertujuan untuk mengetahui proses transaksi yang Anda lakukan selama ini seperti apa. Dari situ, Anda bisa pelajari mana yang cocok dan pas untuk dilakukan sehingga bisa mendatangkan profit, dan mana yang harus dihindari sehingga kerugian dapat diminimalisir.

10. Siap Untuk Trading

Apabila semua langkah telah dilakukan dengan baik, dan semua prosesnya telah dijalani dengan tepat, berarti Anda sudah siap untuk menjadi trader. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah belajar lebih banyak lagi untuk bisa bertransaksi saham berkualitas dan menghasilkan banyak profit seperti yang semua trader saham harapkan. 

Dengan kemauan untuk belajar dan memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan transaksi di bursa saham,khususnya trading saham online,siapa saja bisa menjadi trader saham online ini.Tinggal bagaimana menyikapinya. Jika kita mempersiapan segala sesuatunya dengan matang, tentunya hasil yang Anda raih akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Banyak jalan menuju Roma - begitu pula banyak jalan untuk memperoleh keuntungan dari bisnis saham, salah satunya adalah menjadi seorang trader.SUMBER 

No comments: